Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Kamis, 06 Januari 2011

Keberadaan Internet Dalam Dunia Pendidikan

Kamis, 06 Januari 2011


Tak dapat dipungkiri lagi, keberadaan internet di dunia pendidikan menjadi satu sosok yang sangat penting belakangan ini dan untuk kedepannya. Kenapa demikian ?. Karena jawabannya adalah internet merupakan media yang sangat mendukung untuk kegiatan pembelajaran. Sejak ditemukannya modem sebagai peranti keras yang berguna untuk pertukaran data yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang dipakai oleh badan keamanan Amerika Serikat, Internet kian berkembang sedemikian rupa dan merambah ke berbagai aspek kehidupan, dan salah satunya pendidikan.
Dalam dunia pendidikan, terutama di bumi pertiwi ini, teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet belum dimanfaatkan secara maksimal dan sepenuhnya untuk perkembangan dunia pendidikan. Para siswa justru lebih tertarik untuk menggunakan teknologi internet untuk kepentingan hiburan semata, seperti game online atau yang sejenisnya. Atau bahkan lebih parah lagi, internet dimanfaatkan oleh kalangan siswa untuk hal-hal yang negatif seperti membuka situs porno, serta berbagai macam bentuknya.
Padahal, kita dapat memaksimalkan internet dalam dunia pendidikan sehingga dapat mengubah sudut pandang, cara, serta sistematika dan mekanisme dalam pembelajaran di Indonesia dengan menggunakan teknologi informatika. Menurut saya pribadi sebagai kalangan siswa yang sangat interest dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk dunia pendidikan, Internet merupakan akses yang sangat menguntungkan dan dapat mengubah pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik jika memang pemerintah ingin dan serius untuk menatanya.
Dilihat dari sudut pandang guru atau tenaga pengajar, kegunaan Internet dalam dunia pendidikan ialah sbb :
1. Sebagai sarana menambah informasi untuk bahan ajar.
Guru yang cerdas akan memanfaatkan teknologi informasi dalam media pembelajaran. Bagi guru IPA khususnya yang dalam pembelajarannya sering bereksperimen dapat menggunakan teknologi informasi dalam pembelajaran untuk mengganti alat eksperimen yang konvensional menjadi alat eksperimen digital yang dapat dilakukan di komputer dengan bantuan projector untuk presentasi dengan format flash.
Berikut merupakan syntax yang sangat membantu guru untuk mencari bahan ajar di search engine seperti google (saya merekomendasikan di google sebagai SE yang powerful) :
* filetype:swf nama materi
Untuk mencari bahan ajar dalam format flash layaknya eksperimen digital
Contoh : filetype:swf sistem pencernaan
* filetype:pdf nama materi
Untuk mencari bahan ajar dalam bentuk dokumen pdf.
Conteh : filetyupe:pdf teori relativitas
* dan masih banyak lagi format yang dapat dicari seperti doc(u/ microsoft word), ppt(u/ ms. powerpoint), xls, dlsb
2. Sebagai sarana bertukar informasi dengan sesama pengajar di seluruh dunia
Think.com, salah satunya yang menyediakan portal perkumpulan pelajar dan pengajar seluruh dunia. Didalamnya mereka dapat bertukar informasi dengan sesama kalangan pendidikan. Dan mereka juga dapat berkompetisi dengan pelajar serta pengajar yang lain dalam kompetisi pendidikan yang diselenggarakannya.
3. Sebagai Perpustakaan Raksasa digital
Banyak buku-buku berformat digital atau e-book (electronic book) yang tersebar di internet yang berisi materi-materi pendidikan. Dengan begitu para pengajar dapat terbantu karena e-book yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bahkan free alias gratis. Seperti di Pustaka Ebook Indonesia yang beralamatkan di http://www.geocities.com/pustakaindonesia, menawarkan ebook gratis yang berisi ebook dengan berbagai tema.
4. Sebagai sarana penghubung dengan siswa
Sekarang banyak guru yang menggunakan internet sebagai sarana penghubung dengan siswa. Seperti guru bahasa inggris saya, Mr. Lamhot, dia memberikan tugas untuk dikerjakan yang dikirim lewat e-mail. Dan jawabannya pun harus dikirim lewat e-mail juga. Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa peranan internet sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan.
Dilihat dari sudut pandang siswa, kegunaan internet dalam dunia pendidikan ialah sebagai berikut :
1. Sebagai sarana untuk mencari materi dan tugas
Perkembangan search engine yang semakin canggih seperti google yang menawarkan berbagai fitur yang menawan, membuat siswa semakin terbantu dalam mencari bahan ajar. Saya pribadi lebih sering menggunakan search engine di internet sebagai sarana untuk mencari materi dan tugas sekolah. Trik yang sering saya gunakan ialah yang sering saya sebut dengan “Google Hacks”. Dengan memasukkan syntax “filetype:formatfile namafile”, “index.of.namafile”, dlsb kita dapat mencari data yang lansung tertuju dengan data tersebut daripada harus lama berganti halaman di Search Result. Dari pengalaman saya, saya sebagai siswa sangat terbantu dengan penggunaan internet karena efisiensi waktu, kemaksimalan hasil, dan materi yang terdapat di internet banyak.
2. Sebagai sarana komunikasi antar siswa maupun antar siswa dengan guru.
Internet dapat dijadikan sarana dalam komunikasi pembelajaran dengan membentuk sebuah forum yang ditujukan untuk memperbincangkan pelajaran. Tanpa perlu mengeluarkan uang untuk biaya hosting kita dapat membuat forum dengan teknologi phpbb. Salah satunya di Forumotion.com, kita dapat membuat forum pendidikan untuk perkembangan IPTEK dan tentunya gratis.
3. Sebagai sarana untuk menuangkan kreatifitas dan bakat dalam dunia IPTEK
Dengan internet siswa dapat membuat situs pribadi mereka sendiri maupun situs pendidikan yang dirintis oleh para siswa. Siswa dapat menuangkan kreatifitas mereka dan mengembangkan bakat dalam IPTEK khususnya teknologi dengan pembuatan website tersebut. Namun terkadang kendala datang dari sisi biaya. Pelajar mempunyai biaya yang terbatas untuk membuat website dan menyewa hosting dan domain. Namun hal tsb tidak masalah bagi saya pribadi. Terdapat hosting gratis serta domain yang gratis pula dan software yang gratis pula untuk membangun sebuah website. Dengan software Joomla! (joomla.org) yang free / open source dan bantuan hostingan 000webhost.com yg menawarkan kapasitas 300mb hosting & 100gb bandwitdth serta domain co.cc (www.co.cc) atau co.nr (freedomain.co.nr) kita dapat membuat website pendidikan yang canggih dengan biaya “nol rupiah”. Menarik bukan?
4. Sebagai sarana bertukar informasi antar pelajar di seluruh dunia.
Di think.com kita dapat bertukar informasi antar pelajar di seluruh dunia dan berkompetisi didalamnya. Dengan begitu para siswa dapat menyalurkan bakatnya ke dalam kancah internasional.
Dari sekian banyak kegunaan internet yang mendukung para siswa dan pengajar dari kalangan pendidikan rasanya kurang bila tidak didukung oleh koneksi yang cepat dari internet itu sendiri. Di Indonesia, sekarang sudah banyak ISP yang menjamur, namun dari sekian banyak ISP tidak ada ISP yang menyediakan layanan yang atraktif dan menyesuaikan diri dengan berbagai kalangan warga yang tentunya didukung dengan kecepatan yang cepat. Namun tidak dengan TelkomSpeedy. Speedy memberikan semua kemudahan serta penawaran yang diinginkan oleh berbagai kalangan. Tentunya hal itu menjadi terobosan yang sangat inovative dan sangat membantu untuk akses internet serta menjadikan speedy menjadi ISP yang terkemuka dengan kualitas dan harga yang sangat bersaing dan menguntungkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut