Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Senin, 10 Januari 2011

Dukung PTAI masuk WEBOMETRICS!

Senin, 10 Januari 2011


Ayo PTAI, masuk Webometrics! Ayo segera menjadi World Class University (WCU) ! Ya, patut saya mengajak PTAI di Indonesia untuk mengikuti kompetisi Webometrics. Tentu saja ini saya lakukan bukan tanpa alasan. Dari perjalanan Webometrics sejak tahun 2004 masak sih tahun ini baru ada 3 PTAI yang masuk pemeringkatan! Itu artinya sejak 6 tahun yang lalu boleh dikatakan PTAI tidak mau merespon perkembangan pendidikan tinggi khususnya dalam upaya masuk perguruan tinggi kelas dunia. Memang sih, Webometrics bukanlah satu-satunya jalan menuju WCU. Akan tetapi kiranya merupakan jalang yang paling realistis bagi PTAI menuju WCU. Hal ini mengingat bahwa pemeringkatan PT yang lain sangatlah berat.

Selasa, 21 Juli 2010, Cybermetrics Lab., grup riset dari Consejo Superior de Investigaciones CientÌficas (CSIC) yang berkedudukan di Spanyol merilis kembali peringkat universitas dunia versi Webometrics. Periode Juli 2010 ini, ada 3 PTAI yang masuk pemeringkatan Webometrics, yaitu IAIN Sunan Ampel Surabaya pada posisi 6023 (nasional), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada posisi 6687 (nasional) dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada posisi 7998 (nasional). Mungkin ironis, dari 32 PTAIN (UIN, IAIN, STAIN) seluruh Indonesia, baru 3 yang masuk pemeringkatan ini.

Webometrics sendiri melalukan pemeringkatan dengan melihat portal/website sebuah PT dengan empat aspek yang dinilai yaitu: (1) visibility (bobot 50%), yaitu seberapa banyak tautan eksternal ke sebuah situs Web; (2) size (20%), yaitu jumlah halaman yang mengindikasikan kekayaan informasi; (3) rich files (15%), yaitu banyak file dalam format pdf, ppt, dan ps; dan (4) scholar (15%), yaitu jumlah publikasi ilmiah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut